Monday, December 8, 2014

VirusLokal.com

FeedMyInbox
 

 

VirusLokal.com
Virus & Antivirus Lokal Indonesia

Virus Gen.VB.C1
12/8/2014 2:19:57 AM

Virus berikon folder masih menjadi favorit hingga saat ini, seperti varian virus Gen.VB.C1 ini juga menggunakan ikon folder sebagai penyamarannya, rupanya tidak hanya virus lokal saja yang senang menggunakan ikon folder, tetapi juga virus dari luar negeri juga memanfaatkan ikon folder sebagai teknik kamuflasenya.

Karateristik Virus

Ektensi : exe

Ukuran : 312kb

Tipe : Worm

Compiler : VB6

Bisa kita perhatikan virus ini menggunakan ikon folder windows XP, ikon ini tentu akan terlihat perbedaannya pada sistem operasi windows terbaru seperti Windows Vista, 7 dan 8. bagi yang menggunakan sistem operasi windows terbaru tentu dapat dengan mudah mengenali virus ini hanya dengan melihat bentuk ikonnya yang berbeda dengan ikon folder asli, sedangkan yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP akan sedikit ksulitan mengenali virus ini karena ikon yang digunakan sama persis dengan ikon folder asli.

 

Saat menginfeksi sistem virus akan membuat file induknya di lokasi :

  • C:\Windows\system32\flash.exe

File induk ini akan dijadikan proses utama virus dalam menginfeksi sistem, agar virus bisa berjalan otomatis, virus membuat autorun di registry :

  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\microsoftflash: " C:\Windows\system32\flash.exe"

 

Target Infeksi

Sama seperti kebanyakan virus lainnya, dari ikon yang digunakan oleh virus bisa ditebak target infeksi virus ini adalah folder-folder yang terdapat di Flashdisk, yakni dengan menhidden folder asli dan menggantikannya dengan file virus yag menggunakan nama yang sama dengan folder yang dihiddennya.

Dari gambar diatas kita dapat dengan mudah membedakan mana folder asli dan mana file virus, dimana file virus pada informasi Type adalah "Application" sedangkan folder asli adalah "File Folder" dan yang terakhir kita tinggal melihat informasi "Size" yang tertera, pada folder asli tidak menampilkan informasi ukuran file, sedangkan file virus akan menampilkan ukuran filenya Open-mouthed smile disini kita harus sedikit teliti, jangan asal klak-klik file/folder siapa tau entar malah terklik file virus

Pembersihan

Untuk membersihkan virus ini gunakan Smadav Revisi 9.9, anda bisa mendownloadnya di www.smadav.net. Pada Smadav Revisi terbaru virus ini sudah dapat terdeteksi dengan baik. harap ikuti cara-cara dibawah ini untuk pembersihan total virus dari sistem., apabila anda memiliki USB Flashdisk jangan lupa untuk menscan isi Flash Disk tersebut untuk mencegah virus kembali menginfeksi sistem.

  • Download / Update Smadav Revisi terbaru
  • Kemudian jalankan
  • Pada pilihan Auto Checking > Pilih Full Scan
  • Beri centang pada Deep (Over 1500 Registry Values)
  • Kemudian klik tombol Scan >>

  • Tunggu hingga proses Scanning selesai.

  • Setelah selesai klik Tombol Bersihkan
  • Terakhir jangan lupa untuk scan semua USB Flash Disk yang anda punya

 

 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at feedmyinbox.com

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

Post a Comment